Rabu, 07 Juli 2010

PENGORBANAN PD ORANG TUA (BIRRUL WALIDAYN )

Masih ingatkah kisah anak durhaka SI MALIN KUNDANG ? Hendaknya jangan terlambat berbakti pada orang tua.Penyesalan itu menyakitkan dan tidak berguna.Lakukan semaximal mungkin bhakti pada orang tua,dari sekarang,jangan tunggu nanti, apa lagi sampai menyesal karena tertunda tunda, inilah yg bisa dilakukan :

1.Panggillah orang tua kita dg panggilan yg mereka sukai dan membanggakan hatinya.

2.Ketika kita menemui mereka, jangan duduk sebelum mereka mempersilakannya.

3.Bila kita berjalan dg mereka jangan mendahuluinya, perhatikan keselamatan mereka dalam perjalanan.Kalau sudah udzur orang tua kita,jangan sekali kali menganggap mereka masih kuat seperti dulu.

4.Dimanapun kita bersama mereka,hadapilah dengan muka yg ramah dan ceria, perkenalkanlah pada teman kita dengan penuh khidmat.Jangan membuat orang tua kita tersinggung,apalagi sakit hati.

5.Bila ada hal yg tidak menyenangkan dari mereka, sampaikanlah dengan santun,nasihati mereka dengan bahasa yg halus,intonasi suara yg lembut.

6.Bila orang tua kita memanggil,penuhilah sesegera mungkin dengan senang hati.Jangan bersungut sungut menunjukkan kekesalan,atau mengatai mereka "cerewet, bawel,ga sabaran,egois,dll".Wah pintu neraka terbuka lebar untuk anak yg memperlakukan orang tuanya seperti itu.

7.Berbicaralah dengan lemah lembut, kalau mahir bercerita yg lucu,buatlah mereka senang dan tersenyum,bahkan tetawa bahagia.

8.Hidangkan makanan yg sehat sesuai dg usia mereka atau anjuran dokter dan siapkan pakaian yg membuat mereka tampil seimbang dg penampilan kita( jangan sampai nampak sangat jauh beda antara anak dan orang tua,sehingga tidak jarang ada komentar yg ganjil untuk kedua orang tua itu)

9.Layani keperluannya.Tanyakan keinginan apa yg selama ini diangan angankan oleh mereka.Jika sekiranya terjangkau,kenapa tidak?

10.Semua perintah mereka yg tidak bertentangan dg aqidah,turutilah.

11.Kalau waktu makan tiba dan kita belum siap,persilakanlah mereka makan / minum lebih dulu.

12.Mohonkan ampunan dan rakhmat kepada Allah SWT untuk mereka.

13.Bila mereka pernah lalai atau bersalah, lupakanlah.Nasihatilah dengan santun !

14.Perlakukanlah mereka dengan penuh rasa hormat.Jangan sombong dan congkak pada mereka sebab Allah akan membenci anak yg seperti itu.

15.Temani mereka selagi sempat, jangan ada istilah " SIBUK " bagi mereka, Lakukan apa yg membuat mereka senang.Pergi dan pulang dari manapun,jika orang tua kita ada dirumah kita, temuilah dahulu dan meminta doa restunya.

16.Mintalah doa dari mereka sebanyak banyaknya dan sesering mungkin.

17.Jangan terbersit sedikitpun dihati kita untuk menghina dan merendahkan mereka.Apalagi tidak mengakuinya.Naudzubillahimindalik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar